Cara Cek Bantuan UMKM

  • Whatsapp
Cara cek bantuan UMKM

Cara Cek Bantuan UMKM

Sebelum kita tahu cara cek bantuan UMKM. Kita perlu tahu dulu sebenarnya apa sih bantuan UMKM itu. Sebenarnya bantuan ini lebih dikenal dengan BPUM atau Bantuan Presiden Usaha Mikro yaitu bantuan dari pemerintah kita yang ditujukan untuk para pelaku usaha mikro di Indonesia yang belum pernah mengajukan pinjaman apapun di bank.

Sebenarnya bantuan UMKM ini ada karena termasuk salah satu solusi pemerintah dalam mensikapi pandemi covid 19 ini. Karena seperti yang kita tahu bahwa paneemi ini memberikan dampak yang besar khususnya di bidang ekonomi. Banyak membuat para pelaku usaha mikro menjadi merugi, penghasilan menurun bahkan ada yang sampai gulung tikar.

Read More

Melihat  kondisi ini pemerintah berinisiatif ingin membantu para pelaku usaha mikro yang terdampak. Dengan harapan aar mereka bisa tetap bisa menjalankan usahanya walaupun di tengah pandemi ini. Jangan sampai karena dampak buruk covid 19 di Infonesia diperparah dengan penambahan angka pengangguran.

Oleh karena itulah pemerintah melalui Menteri Koperasi dan UKM mengeluarkan bantuan UMKM berupa uang sebesar 2,4 juta rupiah. Yang mana diharapkan para pelaku usaha mikro bisa tetap bertahan bahkan berkembang di tengah wabah ini. Menteri Koperasi juga memastikan bahwa yang mendapat bantuan tersrbut hanyalah UKM yang belum pernah melakukan akses perbankan seperti pinjaman kredit usaha rakyat (KUR).

Cara cek bantuan UMKM
Syarat dan Cara daftar Bantuan UMKM

Dalam penyaluran bantuan UMKM ini pemerintah melakukan kerjasama terutama melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI). Tetapi kita sebelum mendapatkan dana tersebut harus memastikan terlebih dahulu apakah kita mendapat bantuan tersebut atau tidak. Termasuk tanda kalau kita mendapat bantuan tersebut adalah ada yang melalui sms resmi dari BRI, ada juga harus cek melalui eform.bri.co.id/bpum.

Cara Cek Bantuan UMKM

Bila kita mendapat SMS bahwa dinyatakan mendapat bantuan UMKM atau bila saat di cek di link tersebut no ktp kita dinyatakan mendapat bantuan UMKM maka bisa segera verifikasi pada bank BRI terdekat dengan menunjukkan bukti SMS atau bukti lainnya agar mendapat konfirmasi berikutnya.

Tetapi ada juga caranya dengan menyetor KTP kita ke bank BRI agar oleh pihak bank di bantu cek apakah ktp kita terdaftar. Tetapi biasanya di bank BRI terjadi antrian panjang, oleh sebab itu pihak bank BRI membuat link eform.bri.co.id/bpum, tujuannya agar memudahkan kita cek bantuan UMKM melalui Hp kita masing-masing.

Adapun cara cek bantuan UMKM adalah

  • Kita bisa masuk link bri.co.id/bpum tersebut melalui browser atau google
  • Lalu kita akan di suruh memasukkan no KTP
  • Setelah no KTP terisi masukkan kode chapta lalu klik inquiry
  • Kemudian kita tunggu prosesnya. Apakah no KTP kita dinyatakan mendapat bantuan UMKM atau tidak.
  • Bila dinyatakan mendapat bantuan UMKM, maka langkah selanjutnya segera lakukan verifikasi di bank BRI terdekat.

Cara Mencairkam Bantuan UMKM

Bila kita sudah verivikasi ke bank BRI terdekat maka oleh pihak bank akan diberikan blanko berupa Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) atau surat kuasa penerima dana BPUM. Yang mana surat tersebut bisa diisi di bank ataupun di bawa pulang lalu diisi di rumah.

Setelah surat tersebut diisi maka segera kumpulkan surat tersebut sambil membawa buku tabungan diusahakan BRI biar lebih mudah, membawa ATM dan data diri seperti KTP. Maka oleh pihak bank akan diinput semua data dan kita tinggal menunggu bantuan tersebut akan di transfer melalui ATM kita.

Sebenarnya cukuplah mudah cara cek bantuan UMKM tersebut, hanya saja memang tidak semua mendapatkan kesempatan tersebut. Karena semua telah di data oleh pemerintah kita siapa yang memang pantas mendapatkannya. Apalagi penyaluran bantuan ini betu-betul diawasi dan di teliti dengan ketat oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Semua itu dilakukan agar dapat meminimalisir kecurangan ataupun KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) yang sangat merugikan. Yang mana terkadang sudah diawasi saja masih tetap terjadi kecolongan apalagi tidak diawasi. Tetapi sampai tulisan ini dibuat pihak kementrian Koperasi menyatakan telah menyalurkan 100 persen bantuan UMKM tersebut di tahun 2020 dengan jumlah penerima bantuan 12 juta pengusaha mikro di Indonesia.

Mengajukan Bantuan UMKM

Walaupun sudah tersalur semuanya, tetapi pihak Kementrian Koperasi menyatakan bahwa bantuan UMKM ini akan diperpanjang lagi tetapi masih dalam proses untuk masuk dalam pembahasan. Mungkin bagi kita pelaku usaha yang belum mendapat bantuan ini di tahu 2020 bisa di usulkan untuk tahun ini, dengan mendaftarkan di :

  • Dinas Koperasi dan UKM
  • Koperasi yang memiliki Badan Hukum
  • Kementerian/Lembaga terkait
  • Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang sudah terdaftar OJK.

 

Adapun persyarataan yang bisa kita lengkapi untuk pengajuan bantuan UMKM ini adalah

  • Warga negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki No Induk Kependudukan (NIK) atau punya KTP
  • Bukan merupakan ASN, TNI, POLRI, atau pegawai di BUMN/BUMD
  • Tidak mempunyai pinjaman di bank atau kredit di bank
  • Pastinya harus memiliki Usaha Mikro
  • Dan supaya melengkapi data berikut :
  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nama lengkap
  3. Alamat tempat tinggal sesuai KTP (Bila alamat tinggal sesuai KTP tidak sama dengan alamat usaha maka supaya melengkapi Surat Keterangan)
  4. Memiliki bidang usaha
  5. Mengisikan no telpon.

Data dan persyaratan tersebut bisa diajukan terutama di Dinas Koperasi dan UKM yang ada di daerah, nantinya akan diarahkan untuk konfirmasi berikutnya kapan bantuan UMKM ini akan dibuka kembali. Selain itu pastinya data yang kita ajukan tersebut akan diinput dan di seleksi kembali.

 

Apakah kita memang pantas mendapatkan bantuan tersebut atau tidak semua akan diseleksi, bila lolos seleksi pengajuan maka kita akan menerima SMS yang nantinya bisa kita verifikasi dan cek bantuan UMKM seperti proses di atas tadi. Semua akan diawasi dengan ketat.

Mensikapi Adanya Bantuan UMKM

Mungkin ada beberpa pelaku usaha mikro yang merasa belum mendapatkannya, atau merasa susah untuk mencari informasi nya. Ya semua tergantung rezeki kita juga. Bila memang rezekinya pasti dapat bila belum dapat pun tidak apa-apa. Masih ada jalan rezeki lainnya.

Terutama bagi pelaku usaha mikro yang pernah melakukan akses dengan bank, atau melalakukan pinjaman di bank maka jelas sesuai ketentuannya tidak akan mendapatkan bantuan ini. Atau mungkin bagi saudara kita yang sudah mendapat bantuan lain seperti PKH, BLT dan lain-lain juga berpeluang kecil mendapatkan bantuan ini.

Semua itu dilakukan supaya bantuan bisa merata seluruh rakyat Indonesia, biar diharapkan bantuan-bantuan tersebut bisa tepat sasaran dan bisa dirasakan semua keluarga di Indonesia yang membutuhkan. Kita berdoa nya agar selalu tercukupi rezekinya.

Bagi pelaku usaha yang mendapatkan bantuan UMKM ini supaya betul-betul memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Mengingat di tengah pandemi ini uang begitu berharha sekali. Di usahakan dipergunakan sebagaimana amanah pemerintah yaitu untuk mengembangkan usaha mikro yang kita punya.

Dengan harapan kita tetap bisa bertahan di tengah pandemi bahkan membuka lapangan kerja baru bagi sekitar. Sekian ulasan dari kami cara cek bantuan UMKM semoga bisa bermanfaat.

Related posts