Cara Memilih Supplier Baju Oka atau Baju Jaga Dokter

  • Whatsapp

baju oka atau baju jaga dokterCara Memilih Supplier Baju Oka atau Baju Jaga Dokter

Dengan semakin meningkat nya perhatian terhadap dunia medis, termasuk kesadaran akan pentingnya penggunaan seragam medis secara khusus. Maka produsen maupun supplier baju oka atau baju jaga dokter pun semakin bertambah banyak. Mereka semakin berinovasi dalam memproduksi tetapi tetap memperhatikan tujuan utama baju medis tersebut.

Bila kita kembali ke masa lalu sebenarnya semua baju medis sama, entah itu baju jaga, baju operasi dan lain-lain. Yaitu menggunakan corak dominan putih yang melambangkan kebersihan. Di dalam ruang operasi pun para dokter bedah menggunakan baju putih ala medis zaman dulu.

Read More

Mungkin hanya di lengkapi semacam celemek atau apron tukang daging di pasar untuk melindungi baju putihnya dari darah dan noda. Dulu ada mindset tertanam bahwa dokter yang bekerja keras dan sukses itu adalah yang bersimbah darah dan kotor noda cairan. Karena menunjukkan ketekunannya.

Terutama karena operasi zaman dulu dari segi alat medis masih minim bahkan terkadang tangan kosong. Tetapi seiring perkembangan zaman justru dokter yang baik adalah yang bersih dan steril dari kuman dan virus. Kemudian akhirnya mulai lah diproduksi baju oka.

Pada awalnya masih dominan putih tetapi karena di ruang operasi sendiri dituntut harus selalu melihat warna merah darah, selain itu lampu dalam ruang operasi pun terbilang sangatlah terang. Sehingga sangat tidak cocok bila mengenakan pakaian serba putih yang akan menambah efek buruk pada penglihatan.

Akhirnya produksi baju oka menjadi dominan warna hijau atau biru. Dan baju ini awalnya diperuntukkan untuk khusus dokter bedah dan tenaga medis yang membantu dalam ruangan operasi. Sebagai baju khusus yang di desain sederhana memungkinkan gerak menjadi leluasa.

Selain itu baju oka memang dibuat lebih mudah menyerap keringat, anti bakteri dan bisa melindungi bagi penggunanya untuk tertular virus dan terkontaminasi bakteri. Sehingga sangat dibutuhkan para dokter bedah yang setiap saat bersentuhan langsung dengan pasien.

Baju Oka di Zaman Modern

Tetapi semakin berkembangnya zaman baju oka ini akhirnya juga diperuntukkan untuk ahli bedah, perawat, dan pekerjaan lain yang terlibat dalam penanganan pasien di rumah sakit secara umum. Bahkan para pekerja di lingkungan rumah sakit juga ada yang di wajibkan menggunakan baju oka ini.

Karena semua tenaga medis dalam rumah sakit bisa bersentuhan langsung dengan infeksi dan virus.

Baju oka sendiri dirancang sederhana sehingga leluasa bergerak dan minim terkontaminasi. Selain itu harus mudah dicuci dan murah dalam artian ketika diganti karena rusak, bernoda membandel atau tidak bisa di perbaiki. Sehingga bisa sekali pakai bila memang kondisi tertentu.

Tetapi semakin hari baju oka semakin ditingkatkan dari segi bahan dan keamanan dari kontaminasi virus dan bakteri. Karena semakin hari virus pun semakin berevolusi dan berbahaya, jangan sampai hanya memberikan rasa aman palsu. Yang justru berbahaya untuk pengguna baju oka tersebut.

Akhirnya dengan alasan tersebut lah para produsen maupun supplier baju oka atau baju jaga dokter juga semakin ditingkatkan kualitas nya. Memungkinkan benar-benar memberi keamanan bagi penggunanya apalagi termasuk diawali dari flu spanyol, bahkan sampai virus covid 19 ini.

Perbedaan Warna Baju Oka

Dan pada akhirnya karena ada rumah sakit yang mewajibkan tenaga medisnya menggunakan baju oka semuanya baik yang bagian spesialis bedah, perawat, dan tenaga lainnya. Akhirnya membuat bingung antara satu bagian dengan bagian lainnya.

Oleh sebab itu diterapkanlah pakaian oka yang berbeda warna. Banyak rumah sakit yang memesan atau request pada produsen maupun supplier baju oka atau baju jaga dokter yang berbeda-beda warna seusai dengan bagiannya masing-masing. Ada yang berwarna biru muda, biru tua, hijau, ungu, bahkan maroon.

Semua itu bertujuan untuk membedakan tenaga medis sesuai bidangnya masing-masing. Sehingga akan memudahkan ketika mencari tenaga medis tersebut. Dan bahkan disat genting antara sesama medis bisa langsung berkomunikasi dengan rekan se bidang nya.

Tentunya dengan perbedaan warna ini akan membuat kinerja lebih efisien. Terutama untuk penanganan yang darurat seperti di ruang operasi, ruang ICU atau di ruang IGD dan UGD pastinya sangat membutuhkan ke efisiensian kerja.

Karena sekarang yang memakai baju oka bukan hanya dokter spesialis operasi saja, maka membuat kebutuhan baju oka sangatlah besar. Apalagi untuk saat pandemi covid 19 ini. Pastinya ada rumah sakit yang menerapkan baju okanya hanya sekali pakai saja.

Maka melihat hal tersebut banyak bermunculan produsen dan supplier baju oka yang ada di Indonesia ini. Bahkan bukan hanya dari tekstil yang sudah besar. Sekarang pun bermunculan home industri yang memproduksi baju oka tersebut.

Memilih Supplier Baju Oka Terbaik

Dengan begitu tentunya kita harus betul-betul teliti membedakan produsen dan supplier baju oka yang berkualitas. Jangan sampai mungkin karena hanya ingin yang harga murah sampai memilih produsen yang kurang memperhatikan kualitas bahannya.

Atau bahkan memilih produsen dan supplier yang memasarkan baju oka nya tanpa pengalaman medis dalam artian mereka hanya sekedar tau saja bentuk dan pola teyapi tidak tau apa sebenarnya tujuan baju oka tersebut, tanpa memperhatikan kualitas bahan yang digunakan.

Ketika kita mencari produsen ataupun supplier baju oka atau baju jaga dokter maka perlu memperhatikan beberapa tips berikut :
  • Memilih produsen dan supplier baju oka atau baju jaga dokter yang memang sudah berkompeten dan sudah di uji produknya sebelum dipasarkan.
  • Demi keamanan memilih baju oka yang memang memiliki bahan bagus terutama bisa anti bakteri dan mudah dicuci.
  • Memiliki desain yang sederhana dan dilengkapi include yang lengkap lebih diutamakan, seperti masker, penutup rambut bahkan sarung tangan.
  • Diusahakan memilih produsen dan supplier baju oka atau baju jaga dokter yang memiliki banyak pilihan warna, sehingga bisa untuk membeli kan setiap bagian tenaga medis kita yang berbeda-beda.
  • Dan produksi baju okanya menggunakan bahan terbaik dari sgi kelembutan, tidak terlalu tipis mudah dibersihkan dan bisa menyerap keringat dengan baik.
  • Untuk masalah harga relatif karena biasanya ada harga ada kualitas. Selain itu untuk baju jaga dokter ini pastinya lebih mementingkan kualitas bahan meskipun tidak murah.

Itu sekedar beberapa tips kita memilih supplier baju oka sebagai pertimbangan kita. Agar baju oka yang telah terbeli sesuai dengan fungsinya. Yaitu melindungi bagi penggunanya dengan baik, serta memberikan rasa nyaman saat dipakai.

Apalagi untuk masa pandemi ini pastinya baju jaga atau baju jaga dokter memiliki kriteria yang lebih agar bagi kita tenaga medis tidak ikut terpapar virus covid 19 ini. Khususnya bagi rumah sakit yang khusus menangani covid 19 secara luasnya bagi rumah sakit pada umumnya.

Memilih baju oka terbaik untuk tujuan medis merupakan hal yang penting. Sebagai tujuan keselamatan dan keamanan bagi tenaga medisnya masing-masing. Tidak masalah memilih baju oka dengan model dan warna seperti apapun, asalkan memperhatikan tujuan dari sisi kesehatan bagi pengguna dan orang lain di lingkungan rumah sakit.

Sekian ulasan dari Pejuang Rupiah tentang baju oka ini, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.