Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

cara menghilangkan jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Wajah berjerawat memanglah bukanlah termasuk penyakit yang berbahaya, tetapi pastinya akan menganggu banget buat penampilan apalagi buat kaum hawa. Pastinya namanya jerawat ganggu banget pokoknya, apalagi bekasnya yang justru kadang menghitam.

Makanya banyak banget yang nyari cara menghilangkan bekas jerawat terutama dengan cara-cara yang alami. Biarpun ada pepatah katanya wajah tak berjerawat bagaikan langit tak berbintang hehe.

Read More

Tapi bagi kita yang mempunyai jerawat di wajah itu rasanya risih banget biarpun cuma satu di pipi. Rasanya pingin banget mecahin jerawatnya. Kadang bikin gak mood atau bikin tidak percaya diri buat keluar rumah.

Tapi waktu jerawatnya sudah pecah biasanya justru meninggalkan bekas yang menjadikan wajah tambah kusam. Atau bahkan membuat bintik hitam di wajah. Jadi walaupun jerawatnya sudah pecah tapi malah justru meninggalkan bekas yang menurunkan penampilan kita. Terkadang kalau tidak dibersihkan bisa menjadi permanen.

Oleh sebab itu kita perlu tahu cara menghilangkan bekas jerawat agar wajah kita terawat. Soalnya hampir kebanyakan orang mengalami masalah jerawat. Apalagi yang masih dalam masa puber atau masa peralihan dari anak ke dewasa biasanya akan mulai memiliki masalah jerawat ini.

Adapun cara menghilangkan bekas jerawat ada beberapa macam cara.

Termasuk mungkin dengan pemakaian sabun tertentu, atau dengan obat kimiawi tertentu. Tetapi terkadang kebanyakan kita biasanya lebih senang menggunakan cara-cara alami. Karena dengan cara alami biasanya lebih aman bagi kulit wajah yang sangat sensitif. Hanya saja cara alami terkadang butuh waktu dan proses.

Tetapi perlu kita ketahui bahwa antara satu orang dengan orang lainnya terkadang tidak bisa sama caranya. Ada yang berhasil untuk orang lain tapi belum tentu berhasil pada diri kita. Untuk cara menghilangkan bekas jerawat secara alami bisa dibilang minim resiko. Sehingga bisa dicoba dengan beberapa cara yang cocok dengan diri kita.

Memanfaatkan Buah

Adapun cara-cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan menggunakan beberapa buah dan bahan sayuran segar diantaranya

• Menggunakan irisan mentimun. Sudah banyak kita ketahui mentimun merupakan buah yang baik untuk perawatan wajah. Karena secara alami mengandung vitamin A dan vitamin C serta magnesium yang baik untuk kulit. Caranya irisan timun ditempelkan pada bekas jerawat beberapa menit lalu bisa dibilas dengan air.

• Menggunakan kentang. Siapa sangka ternyata di dalam kentang terdapat vitamin dan mineral yang baik untuk penyembuhan kulit. Khususnya kulit wajah akibat bopeng dari bekas jerawat. Penggunaan nya juga hampir sama dengan timun, dengan menempelkan irisan kentang pada bekas jerawat. Atau kentang bisa dihaluskan dulu lalu dioleskan.

• Menggunakan buah tomat. Di dalam buah tomat sendiri terkandung vitamin C dan vitamin A yang mampu membantu menghilangkan bekas jerawat selain itu bahkan bisa mengencangkan kulit wajah. Cara memakainya bisa di iris tipis lalu tempelkan pada bekas jerawat ataupun gunakan air perasan tomatnya.

• Menggunakan buah bengkoang. Buah yang satu ini memang lah sudah teruji untuk urusan kulit khususnya perempuan karena memang kandungannya yang baik untuk kulit. Selain itu bisa membantu menghilangkan bekas jerawat. Dengan cara memarut bengkoang lalu di oleskan pada bekas jerawat beberapa menit. Kemudian bilas wajah dengan air.

• Menggunakan buah pepaya. Di dalam buah pepaya terkandung banyak vitamin A yang bisa mengatasi kulit kusam dan bekas jerawat. Caranya haluskan buah pepaya lalu campur sedikit susu. Kemudian di pakai sebagai masker wajah alami.

• Menggunakan perasan buah lemon. Air perasan lemon mengandung Asam Hidroksi yang bisa menghilangkan bopeng bekas jerawat. Selain itu bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Caranya oleskan irisan lemon pada wajah beberapa menit lalu bilas.

Mengoleskan Bahan Alami yang Aman

Selain menggunakan beberapa buah dan sayur masih terdapat bahan alami lainnya yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat, diantara nya

• Menggunakan gel alami lidah buaya. Di dalam lidah buaya terkandung zat aloesin yang bisa membantu menghilangkan flek hitam pada kulit. Caranya halus kan daging atau gel lidah buaya lalu oleskan pada wajah dan diamkan beberapa menit.

• Menggunakan madu asli. Kita telah ketahui bahwa madu sendiri merupakan obat segala penyakit. Karena dalam madu terdapat antibiotik yang bisa mencegah infeksi akibat jerawat. Caranya oleskan madu pada bagian bekas jerawat, lalu tunggu hingga madu kering kemudian bilas dengan air bersih.

• Menggunakan ampas teh. Setalah kita bikin teh, kantong teh nya jangan di buang dulu. Karena bisa kita gunakan sebagai perawatan kulit wajah. Di dalam the terdapat antioksidan yang bisa memperbaiki kulit yang rusak dan mengurangi bekas jerawat. Caranya ampas dari kantung teh yang habis dipakai bisa diusapkan pada bekas jerawat secara langsung.

• Menggunakan bawang putih. Senyawa thiacremonon sulfur yang anti bakteri bisa menyembuhkan luka bekas jerawat. Dengan cara bawang putih dihaluskan lalu di oleskan pada bekas jerawat.
• Menggunakan bawang merah. Ternyata bawang merah juga bisa membantu kulit wajah menjadi awet muda, termasuk bisa membersihkan bekas jerawat. Caranya hampir sama dengan penggunaan bawang putih, yaitu dengan menghaluskan bawang merah lalu oleskan pada bekas jerawat kita.

Membuat Masker Wajah Alami

Selain dengan cara mengoleskan beberapa bahan di atas. Ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan cara menjadikan beberapa bahan di bawah ini menjadi masker atau scrub untuk wajah, diantaranya

• Masker wajah dari yogurt. Menggunakan yogurt sebagai masker wajah bisa mengurangi luka bopeng akibat bekas jerawat. Perawatan dengan cara ini bisa dilakukan beberapa kali sampai bekas jerawat pada wajah bersih dan cerah kembali.

• Masker menggunakan putih telur dan madu. Menjadikan kedua bahan ini menjadi scrub sangatlah ampuh untuk perawatan wajah khususnya bekas jerawat.

• Masker menggunakan gula pasir. Di dalam gula sendiri terdapat asam glikolat dan asam alfa hidroksi yang bagus untuk peremajaan kulit. Makanya gula pasir bisa untuk masker wajah, dengan cara mencampur minyak zaitun dan gula perbandingan 1:2 lalu ditambah perasan lemon 5 tetes saja. Untuk hasil maksimal gunakan semua campuran sebagai masker wajah selama 15 menit, lalu bilas.

Melakukan Perawatan Wajah Secara Rutin

Cara membersihkan bekas jerawat sebenarnya masih banyak lagi. Seperti membasuh muka dengan air kelapa, atau bisa menggunakan cuka apel, bahkan bisa dengan es batu sebagai langkah awal untuk meringankan luka bekas jerawat.

Tidak harus kita mempraktekan semua cara tersebut di atas. Asalkan kita sudah bisa merasakan manfaat dari salah satu cara tersebut sudah cukup. Karena kondisi kulit wajah tiap orang berbeda-beda. Tinggal perawatan yang cocok dengan wajah kita yang kita pilih.

Kuncinya adalah dengan melakukan perawatan pada wajah secara rutin. Mulai dari kebiasaan mencuci wajah, menggunakan pelembab bila perlu, memberikan nutrisi alami pada kulit wajah. Atau melakukan perawatan wajah yang teratur. Sehingga wajah kita terjaga dari jerawat dan kulit kusam.

Kita tahu bahwa lebih baik mencagah daripada mengobati. Lebih baik tidak berjerawat daripada harus mengobati setelah terdapat bopeng bekas jerawat.

Adapun sudah terlanjur terdapat luka supaya segera di obati biar wajah bisa cerah dan bersih kembali. Perawatan tidak perlu mahal bisa dengan cara di atas yang alami dan terbilang murah.

Sekian ulasan dari kami tentang perawatan wajah dari bekas jerawat. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Related posts