Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi

manfaat pasta gigi untuk muka

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi

Jerawat memang sebuah masalah yang hampir kebanyakan orang pernah mengalaminya. Hanya saja ada sebagian orang yang biasa saja mensikapinya, tapi ada sebagian yang merasa risih dan ingin sesegera mungkin menghilangkan nya. Sampai berusaha dengan segala cara untuk menghilangkannya, sampai tercetus ide cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi.

Ada Beberapa Cara-Cara Mengatasi Jerawat

Jerawat sendiri ibarat seperti tamu wajib bagi kita yang mengalami masa masa pubertas. Apalagi si bintik kecil di muka inj memang kerap sekali ada saat fase perubahan dari anak-anak ke dewasa. Walaupun tidak menutup kemungkinan siapapun bisa terkena jerawat. Jerawat di wajah kita timbul juga karena berbagai macam penyebab lho.

Termasuk bagi kita yang mempunyai hormon kelenjar minyak di wajah berlebihan, pastinya sering kali akan timbul yang namanya jerawat. Tetapi selain hormon jerawat juga bisa timbul karena kotoran, infeksi, ataupun karena kebersihan air yang kita gunakan untuk mencuci muka sehari-hari. Bahkan juga bisa disebabkan karena efek minyak rambut, atau pelembab yang kita gunakan.

Karena pada umumnya jerawat timbul berawal dari minyak di wajah akhirnya ada bakteri di situ, yang menyebabkan timbulah bintik jerawat di wajah. Wajah kalau sudah terkena jerawat biasanya bikin kesel sendiri, mau keluar rumah tidak percaya diri, gak mood, mau langsung di pecah malah justru menimbulkan iritasi bahkan menimbulkan bekas.

Justru karena bekas jerawat akhirnya menyebabkan bintik hitam di wajah, atau lubang pori yang besar di wajah. Pastinya gak banget deh kalau kena jerawat itu. Tetapi bila sudah terkena mau bagaimana lagi, solusinya ya harus segera di hilangkan dengan cara-cara yang aman dan ampuh. Maka timbulah banyak sekali cara-cara menghilangkan jerawat.

Baik itu caranya secara alami maupun dengan bantuan bahan kimiawi. Di beberapa masyarakat kita sendiri sampai ada yang yakin cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Timbulah dalam benak kita apakah aman? Pasta gigi kan bahan kimia? Bingung kan jadinya. Tetapi menurut beberapa sumber bahwa memang sebagian pasta gigi mengandung zat kimiawi untuk menghilangkan jerawat. Ingat ya hanya sebagian saja, tidak semua pasta gigi.

Memilih Pasta Gigi yang Tepat

Jangan sampai kita salah memilih pasta gigi, bukanya sembuh dari jerawat malah justru menambah parah, kan gak banget pastinya. Karena kandungan dalam setiap pasta gigi terkadang berbeda-beda. Makanya sebelum memparktek kan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi kita harus tahu dulu ilmunya. Jangan asal menerapkan tanpa dasar ilmu, yang pastinya akan merugikan diri sendiri.

Pernyataan pasta gigi bisa menghilang kan jerawat memang bukan tanpa alasan. Karena ternyata di dalam pasta gigi sendiri mengandung baking soda, triclosan dan peroksida yang bisa membantu menghilangkan jerawat. Makanya selain buat sikat gigi ternyata pasta gigi juga bisa menjadi obat untuk jerawat yang mungkin ekonomis, tapi ada hal yang perlu kita perhatikan diantaranya

  • Memilih pasta gigi yang tepat
  • Melihat komposisi pasta gigi tersebut
  • Melihat kondisi kulit wajah kita
  • Menghentikan bila terjadi masalah saat pemakaian pasta gigi

Secara garis besar kita perlu memperhatikan hal-hal tersebut. Adapun pasta gigi yang digunakan tidak boleh pasta gigi yang biasa untuk menggosok gigi. Karena kita tidak tahu bahwa pasta gigi steril atau tidak. Karena semakin sering digunakan pastinya akan bercampur bakteri, entah dari jari kita ataupun saat sikat gigi mengenainya. Bila tidak steril takutnya akan memperparah jerawat bahkan iritasi, maka usahakan pasta gigi yang digunakan beda dengan pasta gigi harian.

Selain itu kita harus mengusahakan menggunakan pasta gigi yang memiliki warna putih bukan yang ada varian warna nya. Sebab pasta gigi warna putih cenderung lebih aman tanpa bahan campuran lainnya. Yang akan membuat kulit terasa terbakar atau memerah. Tapi perlu diperhatikan biarpun kita menggunakan pasta gigi putih tetapi jangan mengunakan pasta gigi yang mengandung pemutih.

Cara Melihat Komposisi Pasta Gigi

Caranya kita lihat komposisi nya bila terdapat bahan pemutih atau biasa disebut whitening gigi maka hindarilah. Sebab bahan pemutih tersebut justru akan membuat iritasi di kulit wajah, termasuk membuat wajah terasa terbakar bahkan lebih parahnya membuat kulit wajah tidak merata. Tentunya tidak mau kan niatnya perawatan malah merusak kulit wajah.

Dan diusahakan bukan dengan pasta gigi yang berbentuk gel, di dalam pasta gigi gel pastinya bahan yang digunakan berbada dengan pasta gigi biasa. Yang mana kita tidak tahu bahan tambahan apa yang ada di dalamnya. Sebenarnya kita menggunakan cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi itu mencari khasiat bahan nya bukan sekedar bentuk dan harganya kan, agar jerawat kita bisa betul-betul terobati.

Selain itu kita juga perlu melihat komposisi fluoride dalam pasta gigi yang akan kita ginakan untuk membersihkan jerawat. Carilah pasta gigi dengan kandungan fluoride rendah karena zat fluoride bila terkena kulit wajah bisa menyebabkan alergi. Memang pasta gigi secara umum mengandung zat satu ini, sebagai penguat gusi, penghilang karang gigi fan plak. Tapi usahakan lah cari fluoride terendah untuk pembersih jerawat.

Untuk mencari aman nya supaya menggunakan pasta gigi yang memang alami atau terbuat dari bahan alami atau organik. Biasanya dengan pasta gigi dari bahan alami ini lebih aman dan nyaman bagi kulit wajah. Terutama pasta gigi organik yang memiliki kandungan baking soda dan kandungan minyak batang teh yang sangat kuat untuk menghilangkan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi

Adapun cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi yang benar adalah setelah kita memilih pasta gigi yang aman sesuai kriteria di atas, maka sebelum menggunakannya kita supaya memastikan wajah keadaan bersih, atau bila perlu sebelum menggunakan basuh terlebih dahulu muka dengan pembersih muka , agar wajah terbebas dari kotoran dan minyak. Sehingga pasta gigi bisa mengobati jerawat dengan lebih mudah.

Langkah selanjutnya adalah mengoleskan pasta gigi hanya pada bagian jerawat saja tidak perlu merata seluruh wajah. Karena untuk menghindari wajah iritasi maupun terasa terbakar karena efek pasta gigi yang digunakan, juga lebih hemat dan lebih tepat sasaran. Untuk hasil maksimal maka pasta gigi bisa digunakan waktu sebelum tidur sampai bangun tidur ini khusus nya bagi yang tidak memiliki kulit sensitif ya.

Adapun yang memilikk kulit wajah sensitif cukup beberapa menit saja. Lalu bekas olesan pasta gigi bisa dibilas dengan air yang bersih sambil wajah sedikit dipijit-pijit ringan. Agar pasta gigi hilang total dari wajah kita. Setelah dibilas pastikan wajah dilap dengan kain yang lembut agar tidak menambah iritasi di kulit wajah.

Untuk penerapan cara membersihkan jerawat dengan pasta gigi ini tidak boleh dilakukan secara rutin atau bahkan sehari lebih dari sekali, itu jangan. Setidaknya lakukanlah maksimal dua hari sekali atau tiga hari sekali cukup. Atau bahkan bila terjadi efek buruk pada wajah segera hentikanlah cara membersihkan jerawat dengan pasta gigi ini.

Termasuk bila kulit wajah justru menjadi kering maka segeralah menggunakan pelembab wajah yang aman, atau pelembab wajah yang cocok buat wajah kita. Untuk lebih aman nya konsultasi lah pada dokter spesialis kulit. Agar lebih terarah dan aman sesuai panduan dokter.

Sekian ulasan ini kami buat, semoga bermanfaat.

Related posts