Cara Screenshot di Laptop

  • Whatsapp

Cara Screenshot di Laptop

Mungkin sebagian dari kita familiar nama screenshot atau tangkap layar itu hanya bisa di handphone saja. Karena kemudahan screenshot saat ini di android khususnya menjadikan sangat populer bagi pengguna nya.

Tetapi justru screenshot bermula dari komputer dan akhirnya sampai ke laptop pada saat ini. Lantas apakah cara screenshot di laptop dan di android sama, sebenarnya prinsipnya sama tapi berbeda caranya.

Read More

Screenshot atau tangkap layar sendiri merupakan mengambil gambar layar baik sebagian atau secara penuh layar saat perangkat digunakan lalu di simpan menjadi sebuah file.

Pada awalnya screenshot ini tercipta pada komputer interaktif pertama di tahun 1960.an dan akhirnya bisa dimanfaatkan sampai saat ini.

cara screenshot di laptop
Manfaat Screenshot

Dengan kemunculan screenshot ini sebenarnya sangatlah bermanfaat bagi kita. Karena terkadang hal-hal penting muncul secara tiba-tiba seperti saat scrol sosial media, saat googling dan lain sebagainya. Akhirnya dengan adanya fitur screenshot ini kita bisa menyimpan hal penting tersebut secara instan tanpa ribet.

Bahkan terkadang hal-hal lucu, informasi kontroversi, atau hal lain bisa langsung dengan mudah diambil dan tersimpan rapi dalam satu folder sendiri. Tinggal nantinya bisa kita buka kembali hasil screenshot tersebut.

Selain itu juga bisa memudahkan untuk tugas sekolah maupun pekerjaan yang terkadang membutuhkan sumber informasi terlampir. Tinggal tangkap layar save dan print saja sudah jadi.

Adapun screenshot pada handphone dulunya dengan cara menekan tombol power dan volume bawah. Yang bisa dibilang masih cukup susah apalagi bila sering memakai kedua tombol tersebut bisa berakibat kerusakan pada tombol.

Akhirnya seiring berkembangnya zaman screenshot pada handphone semakin mudah. Hanya dengan gerakan 3 jari atau dengan sensor. Sehingga meminimalkan penggunaan tombol.

Cara Screenshot di Laptop

Tetapi ada beberapa cara screenshot di laptop dan komputer. Ada yang melalui tombol di keyboard atau menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Adapun cara screenshot di laptop diantaranya :

• Dengan menekan tombol PRTSCN (printscreen) yang terdapat pada keyboard.

Dengan menekan tombol tersebut kita akan bisa menangkap layar secara penuh. Tetapi hasil tangkapan layar tersebut tidak bisa langsung disimpan karena masih tersalin di clipboard. Oleh sebab itu kita bisa membuka dulu menggunakan aplikasi paint baru disimpan di berkas.

• Dengan menekan tombol ALT + PRTSCN prinsip ini hampir sama dengan cara di atas.

Dengan kombinasi dua tombol tersebut akan menangkap layar dengan cepat saat laptop aktif. Tetapi hasilnya harus di buka dulu dan disalin di aplikasi untuk edit gambar baru bisa disimpan menjadi sebuah file.

• Dengan menekan tombol windows key + tombol PRTSCN.

Kombinasi dua tombol ini memungkinkan hasil tangkapan layar kita langsung tersimpan di dalam folder tangkap layar. Sehingga lebih mudah dan cepat.

• Dengan menekan tombol Windows key + tombol shift + Tombol S.

Cara ini khususnya bagi pengguna yang telah menginstal windows 10. Keutamaan tangkap layar menggunakan cara ini adalah kita bisa memilih bagian layar yang ingin di screenshot, dalam artian kita bisa memilih sebagian layar atau layar penuh sesuai kebutuhan. Tetapi kita perlu salin dulu di aplikasi baru bisa disimpan dalam berkas file.

• Dengan Klik logo windows di layar + Tekan tombol volume turun di sisi tablet.

Cara ini khususnya bagi pengguna windows surface, kalau kita bayangkan hampir mirip dengan cara saat screenshot di handphone. Keutamaannya hasil tangkap layar kita langsung tersave dalam folder.

• Memanfaatkan aplikasi bawaan windows yaitu snipping tool.

Dengan cara membuka aplikasi snipping tool lalu klik new dan mulailah proses screenshot. Keutamaannya kita bisa memilih format tangkap layarnya entah persegi panjang atau lainnya. Tetapi hasil tangkap layarnya harus di save manual di aplikasi.

• Memanfaatkan Game bar. Kita bisa atur pintasannya di pengaturan game lalu klik game bar.

Untuk memunculkannya kita tekan tombol windows + tombol G lali klik screenshot. Meskipun kita tidak sedang main game pun bisa menggunakan cara ini.

• Memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga seperti Lightshot.

Cara screenshot di laptop dengan memanfaatkan lightshot ini memungkinkan kita memiliki banyak pilihan saat melakukan tangkap layar. Selain itu akan lebih mendapatkan hasil yang profesional dan mudah di edit kembali

Itu tadi beberapa macam cara screenshot di laptop yang bisa kita lakukan. Tentunya mungkin masih ada cara lain yang belum dibahas. Atau bahkan mungkin juga akan tercipta lagi cara screenshot di laptop yang lebih mudah dan hasil yang lebih baik.

Bijak Dalam Menggunakan Screenshot

Seperti yang telah kita tahu bahwa screenshot atau tangkap layar memang sangatlah bermanfaat. Bisa membantu mencari referensi, membantu dalam pengerjaan tugas bahkan bisa membantu dalam pekerjaan profesional. Bisa untuk menyimpan hal penting dengan mudah dalam satu berkas.

Untuk saat ini screenshot sendiri terkadang sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian orang. Apalagi dunia internet sekarang ini informasi seperti tak bisa terbendung lagi. Kadang saat kita sudah menyalakan data, masuk sosial media, ataupun googling semua informasi yang kita inginkan semua tersaji dengan begitu mudahnya. Sehingga saat menemukan resep masakan baru langsung screenshot.

Saat menemukan informasi baru langsung tangkap layar.

Ada kata-kata motivasi langsung screenshot. Kadang dengan harapan akan terbaca nanti. Atau akan di buat story atau bahkan menjadi bahan candaan.

Dan akhirnya tak sadar ketika melihat hal penting jari langsung otomatis melakukan screenshot. Ada hal penting langsung cepat-cepat screnshot, hal lucu konyol bahkan tabu pun kita tak sadar langsung screenshot.

Akhirnya di folder penyimpanan screenshot banyak banget file-file tertumpuk dan bahkan kita sudah lupa kapan screenshot itu dilakukan.

Kita tahu terkadang setiap hal mudah tersimpan sisi negatif. Begitu pula dengan kemudahan screenshot ini pun tidak bisa dipungkiri juga menyimpan hal negatif. Karena ada beberapa oknum yang memanfaatkan screenshot ini untuk menghina orang lain, membuka aib orang lain bahkan menjatuhkan pihak lain.

Seperti contohnya membuka percakapan pribadi yang ada aib di dalamnya lalu di screenshot dan dipublikasikan. Adapula yang mempublikasikan pernyataan yang pernah diungkapkan dimasa lalu yang akhirnya menjadi bahan untuk menjatuhkan pihak lain.

Untuk menebar kebencian atau bahkan kabar hoax. Inilah bahayanya yang mungkin tidak disadari beberapa orang.

Mungkin awalnya bercanda atau tidak sengaja tetapi namanya zaman sekarang informasi tersebar begitu cepat seperti tanpa filter lagi. Yang akhirnya tanpa disadari merugikan orang lain bahkan menjadi tindak kejahatan. Terlebih lagi di Indonesia ada UU ITE yang bisa menindak tindakan kejahatan di dunia maya.

Akibatnya kita pastinya merugikan orang lain dan akan merugikan diri kita sendiri. Oleh sebab itu kita harus bijak dalam menggunakan teknologi informasi ini termasuk penggunaan screenshot.

Gunakan lah sekiranya bermanfaat untuk kita dan orang lain. Bukan untuk hal-hal buruk.

Demikian tadi ulasan tentang cara screenshot di laptop. Semoga bisa bermanfaat.

Related posts